Posted by Tata Risdian R S.T on Selasa, 11 Agustus 2015 | 0 komentar


   

PENGERTIAN INTERNET

Apa itu Internet? Mari coba kita jabarkan Pengertian dari Internet.Internet merupakan jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai macam informasi, mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya.



Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. Anda bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media, netzip dan sebagainya.
Internet memberikan banyak sekali manfaat, ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Baik bila digunakan untuk pembelajaran informasi dan buruk bila digunakan untuk hal yang berbau pornografi, informasi kekerasan, dan lain-lainnya yang negatif.
Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan  email, menghubungkan komputer satu ke ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social networking dan lain-lain.

MANFAAT INTERNET
Pemanfaatan INTERNET dalam Dunia Pendidikan
Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendorong majunya pendidikan di Indonesia khususnya. Teknologi internet hadir sebagai media / sarana yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara massal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Dengan adanya aplikasi teleconference, INTERNET juga dapat hadir secara real time audio visual seperti pada metode konvensional. Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu :
a. sebagai media interpersonal dan massa.
b. bersifat interaktif
c. memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron
        Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional. Teknologi INTERNET menunjang para pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Mereka tetap dapat berkomunikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list, dan chatting. Mailing list dapat dimanfaatkan sebagai media diskusi, dimana pakar / pengajar akan berdiskusi bersama anggota mailing list. Metode ini mampu menghilangkan jarak antara pakar / pengajar dengan pelajar. Suasana yang hangat dan nonformal pada mailing list ternyata menjadi cara pembelajaran yang efektif.
Beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan antara lain :
- arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat
-  kemudahan mendapatkan resource yang lengkap
-  aktifitas pembelajaran pelajar meningkat
-  daya tampung meningkat
-  adanya standardisasi pembelajaran
-  meningkatkan learning outcomes baik kuantitas maupun kualitas
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa INTERNET bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat suplementer dan pelengkap. Metoda konvensional tetap diperlukan, hanya saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain. Media diskusi konvensional mengalami modifikasi menjadi diskusi melalui mailing list.

Pemakaian Komputer dalam Proses Belajar
Sebelumnya perlu dijelaskan istilah CAI dan CMI yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan komputer.
            CAI yaitu penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. CAI dapat sebagai tutor yang menggantikan guru di dalam kelas. CAI juga sangat beragam bentuknya, tergantung dari kemampuan desainer dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan.
            CMI digunakan sebagai pembantu pengajar menjalankan fungsi administratif yang meningkat, seperti rekapitulasi data prestasi siswa, database buku / e-library, kegiatan administratif sekolah seperti pencatatan pembayaran, kuitansi dan sebagainya.
Pada masa sekarang CMI & CAI bersamaan fungsinya dan kegiatannya seperti pada e-Learning, dimana urusan administrasi dan kegiatan belajar mengajar sudah masuk dalam satu sistem. Pemakaian Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran

Untuk Tujuan Kognitif
Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri.

Untuk Tujuan Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi, sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia pendidikan. Beberapa contoh program antara lain simulasi pendaratan pesawat, simulasi penggabungan unsur kimia, simulasi rangkaian elektronika, dan lain sebagainya.

Untuk Tujuan Afektif
Bila suatu program didesain secara tepat dengan memberikan potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap / afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer.
Manfaat Dalam Profesi Keguruan
            Untuk dapat memanfaatkan internet sebagai salah satu sumber belajar siswa, seorang guru harus mampu  mengoperasikan internet dengan baik. Tentu saja untuk dapat menggunakan internet dengan baik harus didukung oleh kapabilitas/kemampuan guru yang memadahi. Untuk itu seorang guru minimal harus mengetahui operasi-operasi internet antara lain sebagai berikut:

1. Menguasai Windows atau sistem operasi lain
        Untuk dapat menggunakan internet sebagai salah satu sumber belajar siswa, guru harus mampu dan menguasai windows atau sistem operasi lain misal LINUX sebab untuk mengakses informasi dari internet menggunakan browser yang beroperasi di bawah sistem operasi tertentu. 
2. Program Browser
            Browser juga sangat penting dalam pengaksesan informasi di internet sebab untuk mengakses informasi atau menampilkan halaman website harus menggunakan browser. Dalam hal ini guru dituntut untuk menguasainya dan dapat menjelaskan kepada siswa.
3. Aktivitas dalam internet
            Aktivitas dalam internet juga sangat penting untuk diketahui dan harus dikuasai oleh guru supaya dapat menjelaskan kepada siswa sebab dalam internet banyak sekali aktivitas yang biasa dijalankan sesuai dengan fungsinya. Untuk itu agar dapat mengoperasikan internet dengan baik perlu mengetahui aktivitas dalam internet sehingga penggunannya sesuai dengan fungsinya dan yang diinginkan. Sebagai contoh e-mail, chating, File Transfer Protocol (FTP), searching, dan lain-lain.
4. Mengerti mengolah data (tesk editor)
            Untuk dapat menggunakan informasi maka pengguna dalam hal ini adalah guru harus mampu mengolah kata dan mampu mengajarkan kepada siswa, misalnya Microsoft Word, Notepad, dan lain-lain.
5. Dampak positif dan negatif
  Yang tidak boleh dilupakan oleh siswa dalam menggunakan internet sebagai salah satu sumber belajar yaitu dampak positif dan negatif yang mungkin ditimbulkan oleh media tersebut sehingga bisa mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi yang berkaitan dengan dampak dari internet tersebut.

            Pemanfaatan Internet Sebagai Salah Satu Sumber Belajar Siswa dan Guru di Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK Guna Dharma Nusantara akan mencapai hasil yang optimal apabila siswa aktif dalam mencari referensi atau sumber-sumber belajar yang tak terbatas melalui internet untuk acuan belajar, siswa mempunyai pengetahuan dan kemampuan menggunakan komputer dan internet, siswa dapat dengan mudah mencari warung internet di sekitar tempat tinggal maupun di sekitar sekolah untuk dapat mengakses internet mencari informasi tentang pembelajaran, dan kesediaan sarana prasarana yang memadai di sekolah, dalam hal ini adalah perangkat komputer dan fasilitas jaringan internet dapat digunakan dengan baik dan maximal dalam menunjang pembelajaran untuk siswa.
            Pemanfaatan Internet Sebagai Salah Satu Sumber Belajar Siswa dan Guru di Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK Guna Dharma Nusantara akan mencapai hasil yang optimal apabila guru sering memberikan referensi atau sumber belajar dari internet untuk acuan siswa dalam belajar mata diklat yang sedang dipelajari, guru sering memberikan tugas dan dikumpulkan melalui internet dengan cara mengirimkan tugas yang sudah dikerjakan oleh siswa ke alamat e-mail guru yang bersangkutan, dan kesediaan sarana prasarana yang memadai di sekolah dalam hal ini adalah perangkat komputer dan fasilitas jaringan internet dapat digunakan dengan baik untuk menunjang pembelajaran di sekolah untuk guru.

Hambatan Siswa Dalam Penggunaan Internet Sebagai Salah Satu Sumber Belajar
Hambatan siswa dalam penggunaan internet sebagai salah satu sumber belajar dapat dikategorikan rendah dari segi sarana prasarana. Selain dari segi sarana prasarana hambatan penggunaan internet sebagai salah satu sumber belajar siswa juga berasal dari dalam internet tersebut. Dikarenakan para siswa-siswi lebih cenderung mengakses situs-situs pertemanan, seperti : facebook, twitter, ym dan juga situs-situs di internet yang menawarkan hiburan. Kecenderungan siswa mengakses situs-situs tersebut karena adanya ajakan dari teman-teman sebaya dan juga sebagai media untuk mengeksiskan diri.  Hambatan dari situs-situs internet inilah yang menjadi penghambat yang cukup tinggi di dalam pemanfaatan internet sebagai salah satu sumber belajar siswa karena bisa menyebabkan berkurangnya waktu belajar siswa dan menurunkan produktifitas belajar siswa itu sendiri.

Hambatan Guru dalam Penggunaan Internet Sebagai Salah Satu Sumber Belajar
Hambatan guru dalam menggunakan internet sebagai salah satu sumber belajar maka secara umum hambatan dari segi guru dapat dikategorikan rendah dari segi sarana prasarana. Artinya fasilitas internet yang disediakan sekolah sudah memadai sehingga dapat digunakan oleh guru dalam mengakses internet untuk mencari referensi maupun untuk tambahan belajar.  Tidak hanya dari segi sarana prasarana, hambatan pemanfaatan internet sebagai salah satu sumber belajar guru juga berasal dari situs-situs yang terdapat di internet. Hambatan penggunaan internet sebagai sumber belajar yaitu para guru yang ada di Jurusan Teknik Elektronika sudah menggunakan internet untuk keperluan tertentu saja, misalnya mencari bahan pelajaran, tambahan materi, dan juga sudah digunakan sesuai dengan kebutuhanya. Untuk situs-situs yang menawarkan hiburan, para guru mempergunakannya disaat di perlukan saja dalam artian tidak setiap saat mengakses situs tersebut.


DAFTAR PUSTAKA 
            Rafdian Rasyid. 2003 IlmuKomputer.Com Pengantar Jaringan ISP