
TEKNOLOGI INFORMASI
Dosen Pengampu DR. H. Hudiana Hermawan, MS
TATA RISDIAN ROSDIANA
NIM 14864013
KELAS B
ANGKATAN X
1. Teknologi Informasi


Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan
istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk
teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan,
mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan
komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari
Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon,
TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).
Perkembangan pada
awal sejarah, manusia bertukar
informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah
teknologi, bahasa memungkinkan seseorang
memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan
secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di
tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu
jangkauan suara juga
terbatas.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi
berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan
informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada
orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa
gambar peninggalan zaman purba masih
ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami
informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan
cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu
gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau
dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan
informasi itu.
Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman
informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi
menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
TI adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup
berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti
proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa program , dan data konstruksi. Singkatnya, apa yang membuat
data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun,
melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI
menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan
strategi bisnis: proses bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan
dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.
Pengelompokan
Teknologi Informasi
Teknologikomputer adalah teknologi yang
berhubungan dengan computer termasuk peralatan-peralatan yang yang berhubungan
dengan computer seperti printer, pembaca sidik jari, dan bahkan CD Room.
2. Teknologi Komunikasi
Teknologi telekomunikasi atau biasa disebut
teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak
jauh.Contoh: Televisi, telepon, radio.
Pengelompokan Teknologi Informasi
1. Teknologi Masukan
Teknologi masukan (input technologi) adalah
teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data kedalam
system komputer.Contoh: keyboard, mouse.
2. Mesin Pemroses
Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor
atau prosesor. CPU
merupakan bagian system komputer yang menjadi
pusat pengolah data dengan cara
menjalankan program yang mengaturpengolahan
tersebut.
3. Teknologi Penyimpanan
Teknologi penyimpanan dibedakan menjadi 2
kelompok yaitu:
a. Memory Internal (biasa disebut main memory atau
memori utama)
Berfungsi sebagai pengingat sementara baik
bagi data, program, maupun informasi ketika proses pengolahannya
dilaksanakan oleh CPU .Contoh: RAM dan ROM.
b. Memory Eksternal (penyimpanan sekunder)
Adalah segala piranti yang berfungsi untuk
menyimpan data secara permanen. Contoh: Hardisk, disket, flashdisk.
4. Teknologi keluaran
Teknologi keluaran adalah teknologi yang
berhubungan dengan segala piranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi
hasil pengolahan system. Contoh: layar dan monitor.
5. Teknologi Perangkat Lunak
Teknologi perangkat lunak disebut juga dengan
program yaitu deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan computer
sehingga computer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki. Contoh:
microsoft word, Adobe Photoshop, dll
Komponen Sistem Teknologi Informasi
Sistem Teknologi Informasi adalah sistem yang
terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi.Komponen utamasistem
teknologi informasi yaitu:
1. Perangkat keras( hardware)
2. Perangkat Lunak (Software)
3. Orang (brainware)
Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi
1) Menurut
Fungsi Sistem
a. Sistem teknologi informasi yang melekat
(embedded IT system) adalah system teknologi informasi yang melekat pada produk
lain.
b. Sistem teknologi
informasi yang khusus (dedicated IT system) adalah teknologi informasi yang
dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Contoh: ATM
c. Sistem
teknologi informasi serbaguna (general purpose IT system) adalah system
teknologi informasi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas
yang bersifat umum. Contoh: PC
2) Menurut Ukuran
a. Super
computer
Super computer adalah jenis komputer yang
memiliki kecepatan proses paling cepat. Bisa digunakan untuk menangani aplikasi
yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalkan untuk peramalan cuaca dan
perancangan roket. Diantara jenis komputer super yang terkenal adalah Cray
(buatan Cray Research, Inc.) dan IBM ASCI White (buatan IBM / International
Business Machine).
b. Mainframe
Mainframe/ bisa juga
disebut komputer besar, merupakan jenis komputer yang digunakan pada perusahaan
skala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume sangat besar.
Perusahaan komputer yang menjadi pemain utama pada kelas komputer ini adalah
IBM, Fujitsu, dan Unisys.
c. Workstation
Komputer Workstation
(Terminal kerja) merupakan mesin yang powerfull. Artinya di komputer ini segala
pekerjaan diselesaikan. Komputer-komputer ini mempunyai kemampuan untuk
menyelesaikan aplikasi perhitungan yang rumit. Komputer-komputer ini
menggunakan UNIX atau beberapa operating system/sistem operasi NT. Komputer-komputerinidilengkapidenganprosesor RISC yang powerful seperti
Digital Alpha atau MIPS.
d. Mikrokomputer
Komputer mikro adalah komputer personal (personal
computer/PC) yang umumnya single user atau stand alone, namun saat ini
telah banyak PC yang dilengkapi dengan peripheral card untuk koneksi
jaringan atau internet. PC biasanya berupa
desktop, yaitu komputer yang biasanya digunakan di meja tempat bekerja atau
belajar. Dengan perkembangan teknologi hardware PC saat ini menjadi semakin
kecil dan portabel seperti notebook yang memiliki kemampuan sama dengan PC
desktop. Oleh sebagian orang, notebook disebut sebagai laptop yang memiliki
arti yang sama. Bahkan saat ini juga terdapat PC tablet, personal Data
Asistant (PDA) atau PC saku (pocket PC) yang kemampuannya
hampir sama dengan notebook.
e. Microcontroller
Mikrokontroler atau sering disebut
sebagai embedded computer merupakan mikroprosesor khusus yang
berukuran kecil yang biasa dipasang pada peralatan elektronis cerdas, seperti
mobil dan lift. Mikroprosesor ini
membuat peralatan dapat diprogram. Perusahaan yang terkenal nenproduksi adalah
Motorola dan Texas Instrument.
Fungsi Teknologi Informasi
Ada enam fungsi teknologi informasi, yaitu:
1. Menangkap (Capture) Mengkompilasikan catatan-catatan rinci dari
aktifitas-aktifitas. Misalnya menerima inputan dari mike, keyboard, scanner,
dan lain-lain.
2. Mengolah (Processing) Mengolah atau memproses data masukkan yang
diterima untuk menjadi informasi. Pengolahan dan pemrosesan data dapat berupa
mengkonversi (mengubah data kebentuk lain), menganalisis (analisis kondisi),
menghitung (kalkulasi), mensintesis (penggabungan), segala bentuk data dan
informasi.
3. Menghasilkan (Generating) Menghasilkan atau mengorganisasikan informasi
ke dalam bentuk yang berguna. Misal laporan, tabel, grafik, gambar, dan
lain-lain.
4. Menyimpan(Storage) Merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu
media yang dapat digunakan untuk keperluan lain. Misalnya, simpan ke hard disk,
flash disk, tape, dan lain-lain.
5. MencariKembali(Retrival) Menelusuri dan mendapatkan kembali informasi
atau mengkopi data dan informasi yang sudah tersimpan. Misalnya mencari data
tugas yang sudah disimpan sebelumnya.
6. Mentransmisi(Transmission) Mengirim data dan informasi dari suatu lokasi
ke lokasi lain melalui jaringan komputer. Misalkan mengirimkan data penjualan
dari user A ke user yang lainnya.
Peran Teknologi Informasi


Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi sangat
mempengaruhi teknologi komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi
seakan-akan tidak dapat dipisahkan, sehingga lahirlah istilah TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi) yang sangat populer sekarang ini. Perpaduan keduanya
semakin berkembang cepat dengan adanya media Internet. Teknologi internet telah
merubah cara orang berkomunikasi. Email, merupakan kunci utama perubahan cara
berkomunikasi. Dengan hanya mempunyai satu alamat email, kita dapat mengikuti
berbagai model komunikasi yang ada di Internet. Beberapa model komunikasi itu,
diantaranya :
1. Forum
2. Milis/Group
3. Situs jejaring sosial
4. Blog
5. Situs sharing file
6. E-learning menggunakan teleconference
Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan
berbagai aktifitas yang dibutukan dengan mengoptimalkan sumber daya yang
dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu
cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam
segala aktivitasnya.
Manfaat IT dalam perkembangan
kehidupan sehari hari memang sangat banyak, terutama untuk pendidikan,
industri, internet, dan berbagai bisnis dan dunia lainnya sangat lah banyak.
Teknologi informasi memiliki peran yang sangat vital terutama untuk dunia
bisnis dan pendidikan. Bisnis tanpa memanfaatkan IT akan cendrung menjadi
kendur dan terancam bangkrut. Banyak pejuang bisnis yang beralih dengan
memanfaatkan teknologi untuk mendukung keberlangsungan dan meningkatkan
keuntungan mereka.
Manfaat IT dalam membangun suatu individu, perusahaan, bahkan
sebuah negara sangat berdampak besar. Terbukti bahwa IT (Information
Technology) dapat mengubah suatu Individu, perusahaan, bahkan suatu organisasi
dan negara seperti membuat pekembangan dan kemajuan untuk mereka ataupun dapat
menjatuhkan mereka secara mudah.
video Tentang Teknologi Informatika
2. Komputer
Organisasi
Komputer

Dari asal katanya “ to compute” komputer berarti alat
penghitung. Ternyata sekarang komputer tak hanya berguna sebagai alat hitung
saja tetapi sudah meluas fungsinya.
Cara kerja sebuah komputer
dapat dideskripsikan secara sederhana dengan diagram blok sebagai berikut :

Diagram Blok Komputer
Komputer adalah
alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Kata computer pada awalnya
dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat
bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide
rule, jenis kalkulator mekanik mulai
dari abakus dan seterusnya, sampai
semua komputer elektronik yang kontemporer.
Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer"
adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama
bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata
"komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut
sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah
dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart
Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa
Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung"
kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis".
Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikatdan Inggris yang pekerjaannya
menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu
mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat
mesin sederhana seperti slide
rule juga sudah dapat
dikatakan sebagai komputer.
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan
dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan
dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi
untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak
akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang
"dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah
dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang
terdiri dari bagian berikut:
Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU,
memori , slot vga, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
RAM - tempat penyimpanan data sementara /
jangka pendek,sehingga perangkat lunak yang kita jalankan akan tersimpan
sementara, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk
mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
Buses:
·
Bus PCI
·
Bus ISA

USB

AGP/ grafik card berfungsi untuk gambar resoution memperhalus tampilan

ROM (Read Only Memory)

CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer

Power supply - sebuah kotak yang menyalurkan daya
ke papan induk transformer, kontrol
voltase dan kipas

Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau SATA atau
lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM, DVD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini
terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan
Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung
komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner

Beberapa jenis penyimpanan
komputer:
·
CD - tipe paling umum media yang dapat
dilepas, murah tapi mudah rusak.
·
CD-ROM
·
CD-RW
·
CD-R
·
DVD
·
DVD-ROM
·
DVD-RW
·
DVD-R
·
Floppy disk

Penyimpanan dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan
jangka panjang.
Hard disk - untuk penyimpanan data jangka
panjang
Disk array controller
Kartu suara - menerjemahkan signal dari papan
sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki
terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
Jaringan
komputer - untuk
menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
Modem - media penyambung ke koneksi
internet.
Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau
menghubungkan ke komputer lain.
Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan
komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum
digunakan.
Input
Keyboard, Alat
penunjuk, Mouse, Trackball ,Joystick, Gamepad ,Scanner
gambar
Webcam ,Tablet
Grafis

Output
Printer, Speaker, Monitor, Jaringan/Networking, Modem, kartu
network

Perangkat
lunak adalah
istilah khusus untuk data yang
diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya,
dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata
lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.
Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan
"bahasa pemrograman" yang ditulis oleh programmer untuk selanjutnya
di kompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali
oleh mesin hardware.
Di
bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
Perangkat
lunak aplikasi (application
software) seperti pengolah kata, lembar
tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
Sistem operasi (operating system) misalnya Linux.
Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool)
seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat
tinggi seperti Pascal dan
bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
Pengendali perangkat keras (device
driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu, dan
komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan, dan juga sekolah,
yaitu penggunaan barcode
scanner pada aplikasi
database lainnya.
Perangkat
lunak menetap (firmware)
seperti yang dipasang dalam jam tangan digital, dan pengendali
jarak jauh.
Perangkat
lunak bebas (free
'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
Perangkat
lunak gratis (freeware)
Perangkat
lunak uji coba (shareware / trialware)
Perangkat
lunak perusak (malware)
3. Pengertian Pemograman
Pemrograman adalah
proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode
yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis
dalam berbagai bahasa
pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu
program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan
keinginan si pemrogram (programmer). Untuk dapat melakukan pemrograman,
diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa
pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain
seperti matematika.
Pemrograman adalah sebuah seni dalam
menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan
menggunakan sebuah bahasa
pemrograman tertentu
sehingga menjadi sebuah program komputer. Bahasa
pemrograman yang
berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini
biasa disebut paradigma
pemrograman.
Konsep
Dasar Pemrograman
Pengertian Dasar Program adalah rangkaian instruksi-instruksi dalam bahasa komputer yang disusun
secara logika dan sistematis.
Pengertian Pemrograman adalah suatu kumpulan urutan perintah
ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, dimana instruksi tersebut menggunakan
bahasa yang dimengerti oleh komputer atau dikenal dengan bahasa
pemrograman.
Konsep Dasar Pemrograman pada umumnya adalah IPO (Input Proses Output), lalu
dikembangkan mejadi :
Originating -> input -> proses -> Output -> Distribution || Storage
Originating
Berhubungan dengan pengumpulan data yang biasanya merupakan pencatatan data kedokumen dasar. Setelah dikumpulkan dilakukan proses input.
Input
Tahapan ini merupakan proses pemasukan data kedalam proses komputer melalui peralatan input.
Proses
Tahap ini merupakan proses pengolahan data dari data yang sudah diinput berupa proses menghitung membandingkan, mengurutkan, mengklasifikasikan, mengendalikan dan mencari di storage.
Output
Tahap ini merupakan proses untuk menghasilkan keluaran dari proses pengolahan data ke peralatan output berupa informasi (monitor, speaker, dsb)
Tahap ini merupakan proses untuk menghasilkan keluaran dari proses pengolahan data ke peralatan output berupa informasi (monitor, speaker, dsb)
Distribution
Tahap ini merupakan proses penyebaran informasi kepada pihak-pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
Storage
Tahap ini merupakan perekaman hasil pengolahan data storage yang nantinya dapat dipergunakan untuk input proses selanjutnya.
DATA
Data adalah bahan mentah yang akan diolah menjadi informasi sehingga dapat dipergunakan oleh user atau pemakai.
1. Tipe Data Dasar :
Merupakan
tipe data primitif yang tidak terstruktur yang didefinisikan oleh bahasa
pemrograman.
Tipe data dasar dibagi menjadi lima bagian yaitu :
a. Numerik, yaitu menyimpan data berupa angka
b. Enumerasi, yaitu suatu urutan list dari nilai-nilai yang berbeda.
c. Boolean, yaitu tipe data untuk merepresentasikan True atau False.
d. Character, yaitu tipe data untuk menyimpan rangkaian karakter.
e. Internationalization, disebut I18N
Tipe data dasar dibagi menjadi lima bagian yaitu :
a. Numerik, yaitu menyimpan data berupa angka
b. Enumerasi, yaitu suatu urutan list dari nilai-nilai yang berbeda.
c. Boolean, yaitu tipe data untuk merepresentasikan True atau False.
d. Character, yaitu tipe data untuk menyimpan rangkaian karakter.
e. Internationalization, disebut I18N
2. Tipe Data Terstruktur : Merupakan tipe data campuran dari berbagai
tipe data
dasar. Contohnya array, record, string, list dan file.
3. Tipe Data didefinisikan oleh Pemakai : Tipe data ini biasanya disebut
Enumerasi.
4. Tipe Data Penunjuk : Contoh tipe data penunjuk adalah pointer
4. Tipe Data Penunjuk : Contoh tipe data penunjuk adalah pointer
Model Komputasi
Model Komputasi adalah suatu kumpulan dari nilai dan operasi-operasi. Ada 3
dasar model komputasi :
1. Model Fungsional, yaitu model perhitungan yang fungsional terdiri
dari satu set nilai-nilai, fungsi dan operasi, aplikasi, fungsi dan komposisi
fungsi.
2. Model Logika, yaitu logika model perhitungan terdiri dari suatu set
nilai-nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis.
3. Model Imperative, yaitu model perhitungan yang imperative terdiri
dari satu set nilai-nilai yang mencakup suatu status dan operasi tugas-tugas
untuk memodifikasi status tersebut.
Prinsip Bahasa Pemrograman
Empat prinsip dasar perancangan bahasa pemrograman adalah:
1. Sintaks, menjelaskan bagaimana struktur program yang benar.
2.Tipe sistem dan semantik, menunjukkan tipe nilai yang dapat
dimanipulasi oleh program dan arti(semantik) dari program, mencakup juga aturan
penamaan entitas (variabel,fungsi,class,parameter,dll).
3. Manajemen memori, menunjuk kepada sekumpulan teknik yg membantu kita
untuk memahami pemetaan letak dari nilai, struktur data, dan struktur program
di dalam memori.
4. Exception handling,
mengenai penanganan exception (hal-hal yang tak terduga seperti
kesalahan input ketika menjalankan program).
Definisi Sintaks, Semantik, dan Pragmatik
Sintaks : Aturan
gramatikal / komposisi suatu program yang mengatur tata cara penulisanhuruf,
angka dan karakter lain.
Contoh : Pada pembuatan program Pascal antara 2 statement dipisahkan oleh ;
(titik koma)
X:=1; X:=X+1;
Semantik : Mendefinisikan
arti dari program yang benar secara sintaks dari bahasa pemrograman tersebut.
Contoh : Pada pembuatan program C
int vector[10]
Arti semantiknya akan menyebabkan ruang sebanyak 10
Pragmatik : Kemampuan pemakai dalam mengaitkan kalimat dengan
kontek-kontek yang sesuai bagi kalimat tersebut.
Contoh : (A+B)*(A-B)
Bahasa pemrograman, atau sering
diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer,
adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini
merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk
mendefinisikan program komputer. Bahasa ini
memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang
akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan
jenis langkah apa secara persis yang
akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer,
bahasa pemrograman terdiri dari:
1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai
kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan
(bah.Inggris Assembly), yaitu
memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya kode_mesin|MOV, SUB, CMP,
JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran
instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di
bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<,
>>, &&, ||, dsb.
4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi
berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for,
while, and, or, dsb. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan
program compiler atau interpreter.
Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai
Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat
Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.
4. Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan
menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan
alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya
dan berkomunikasi. Multimedia sering
digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga
diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam
dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan
sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau
otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan
sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan
sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi
konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar
gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara) dan juga berupa (
berwujud). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan
bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur
kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan
dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi
membangkitkan sense realistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia
sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui
telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat
mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui
internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin
reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau
yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data
yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini
menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa
cetakan melainkan aroma.
Peran Guru dan Perkembangan Media
Pembelajaran
Guru adalah sebagai pengembang media dan sumber belajar,
guru sebagai pengelola pembelajaran, guru sebagai administrator dan
fasilitator, guru sebagai direktur, guru sebagai evaluator. Maka dari itulah
bahwa peran guru sangat penting dalam perkembangan media pembelajaran.
Klasifikasi Media Pembelajaran
Klasifikasi
Media Pembelajaran diantaranya:
1.
Media dilihat dari sifatnya
2.
Media dilihat dari jangkauannya
3.
Media dilihat dari teknik atau cara pemakaiannya
4.
Media juga dikelompokan berdasarkan bentuk dan cara penyajiannya.
5. internet
Internet itu sendiri berasal dari kata
Interconnection Networking,
yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan
jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan
lainnya.
Dalam mengatur integrasi
dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP
(Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan
bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan
data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi
memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute
tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta
menggunakan fasilitas Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP
(Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini
biasanya disebut penyelenggara jasa internet. Anda bisa menggunakan
fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP
lain seperti first media, netzip dan sebagainya.
Internet memberikan
banyak sekali manfaat, ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Baik
bila digunakan untuk pembelajaran informasi dan buruk bila digunakan untuk hal
yang berbau pornografi, informasi kekerasan, dan lain-lainnya yang negatif.
Internet ini
memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan
berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan email, menghubungkan
komputer satu ke ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file dalam bentuk
text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social
networking dan lain-lain.
Manfaat INTERNET
Pemanfaatan INTERNET dalam Dunia
Pendidikan
Manfaat Internet sebagai
salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendorong majunya
pendidikan di Indonesia khususnya. Teknologi internet hadir sebagai media /
sarana yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya
e-mail dan chatting) atau secara massal, yang dikenal one to many
communication (misalnya mailing list). Dengan adanya aplikasi
teleconference, INTERNET juga dapat hadir secara real time audio visual seperti
pada metode konvensional. Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media
pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu :
a. sebagai media
interpersonal dan massa.
b. bersifat interaktif
c. memungkinkan
komunikasi secara sinkron maupun asinkron
Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan
sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media
konvensional. Teknologi INTERNET menunjang para pelajar yang mengalami
keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Mereka
tetap dapat berkomunikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list,
dan chatting. Mailing list dapat dimanfaatkan sebagai media diskusi, dimana
pakar / pengajar akan berdiskusi bersama anggota mailing list. Metode ini mampu
menghilangkan jarak antara pakar / pengajar dengan pelajar. Suasana yang hangat
dan nonformal pada mailing list ternyata menjadi cara pembelajaran yang
efektif.
Beberapa manfaat
penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan antara lain :
- arus informasi tetap mengalir
setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat
- kemudahan
mendapatkan resource yang lengkap
- aktifitas
pembelajaran pelajar meningkat
- daya
tampung meningkat
- adanya
standardisasi pembelajaran
- meningkatkan
learning outcomes baik kuantitas maupun kualitas
Berdasarkan uraian di
atas, dapat dikatakan bahwa INTERNET bukanlah pengganti sistem pendidikan.
Kehadiran internet lebih bersifat suplementer dan pelengkap. Metoda
konvensional tetap diperlukan, hanya saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain.
Media diskusi konvensional mengalami modifikasi menjadi diskusi melalui mailing
list.
Pemakaian Komputer dalam Proses Belajar
Sebelumnya perlu
dijelaskan istilah CAI dan CMI yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan
komputer.
CAI yaitu penggunaan komputer secara langsung
dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes
kemajuan belajar siswa. CAI dapat sebagai tutor yang menggantikan guru di dalam
kelas. CAI juga sangat beragam bentuknya, tergantung dari kemampuan desainer
dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan
konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio
yang dianimasikan.
CMI digunakan sebagai pembantu pengajar
menjalankan fungsi administratif yang meningkat, seperti rekapitulasi data
prestasi siswa, database buku / e-library, kegiatan administratif sekolah
seperti pencatatan pembayaran, kuitansi dan sebagainya.
Pada masa sekarang CMI & CAI bersamaan fungsinya dan kegiatannya seperti pada e-Learning, dimana urusan administrasi dan kegiatan belajar mengajar sudah masuk dalam satu sistem. Pemakaian Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran
Pada masa sekarang CMI & CAI bersamaan fungsinya dan kegiatannya seperti pada e-Learning, dimana urusan administrasi dan kegiatan belajar mengajar sudah masuk dalam satu sistem. Pemakaian Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran
Untuk Tujuan Kognitif
Komputer dapat
mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan
kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan
dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan.
Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri.
Untuk Tujuan Psikomotor
Dengan bentuk
pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi, sangat bagus
digunakan untuk menciptakan kondisi dunia pendidikan. Beberapa contoh program
antara lain simulasi pendaratan pesawat, simulasi penggabungan unsur kimia,
simulasi rangkaian elektronika, dan lain sebagainya.
Untuk Tujuan Afektif
Bila suatu program
didesain secara tepat dengan memberikan potongan clip suara atau video yang
isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap / afektif pun dapat dilakukan
mengunakan media komputer.
Manfaat Dalam Profesi Keguruan
Untuk
dapat memanfaatkan internet sebagai salah satu sumber belajar siswa, seorang
guru harus mampu mengoperasikan internet
dengan baik. Tentu saja untuk dapat menggunakan internet dengan baik harus
didukung oleh kapabilitas/kemampuan guru yang memadahi. Untuk itu seorang guru
minimal harus mengetahui operasi-operasi internet antara lain sebagai berikut:
1. Menguasai Windows atau sistem operasi lain
Untuk dapat
menggunakan internet sebagai salah satu sumber belajar siswa, guru harus mampu
dan menguasai windows atau sistem operasi lain misal LINUX sebab untuk
mengakses informasi dari internet menggunakan browser yang beroperasi di
bawah sistem operasi tertentu.
2. Program Browser
Browser juga sangat penting dalam pengaksesan informasi di internet sebab untuk
mengakses informasi atau menampilkan halaman website harus menggunakan browser.
Dalam hal ini guru dituntut untuk menguasainya dan dapat menjelaskan kepada
siswa.
3. Aktivitas dalam internet
Aktivitas
dalam internet juga sangat penting untuk diketahui dan harus dikuasai oleh guru
supaya dapat menjelaskan kepada siswa sebab dalam internet banyak sekali
aktivitas yang biasa dijalankan sesuai dengan fungsinya. Untuk itu agar dapat
mengoperasikan internet dengan baik perlu mengetahui aktivitas dalam internet
sehingga penggunannya sesuai dengan fungsinya dan yang diinginkan. Sebagai
contoh e-mail, chating, File Transfer Protocol (FTP), searching,
dan lain-lain.
4. Mengerti mengolah data (tesk editor)
Untuk
dapat menggunakan informasi maka pengguna dalam hal ini adalah guru harus mampu
mengolah kata dan mampu mengajarkan kepada siswa, misalnya Microsoft Word,
Notepad, dan lain-lain.
5. Dampak positif dan negatif
Yang tidak boleh dilupakan oleh siswa dalam
menggunakan internet sebagai salah satu sumber belajar yaitu dampak positif dan
negatif yang mungkin ditimbulkan oleh media tersebut sehingga bisa
mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi yang berkaitan dengan dampak dari
internet tersebut.
Pemanfaatan Internet Sebagai Salah
Satu Sumber Belajar Siswa dan Guru di Sekolah akan mencapai hasil yang optimal
apabila siswa aktif dalam mencari referensi atau sumber-sumber belajar yang tak
terbatas melalui internet untuk acuan belajar, siswa mempunyai pengetahuan dan
kemampuan menggunakan komputer dan internet, siswa dapat dengan mudah mencari
warung internet di sekitar tempat tinggal maupun di sekitar sekolah untuk dapat
mengakses internet mencari informasi tentang pembelajaran, dan kesediaan sarana
prasarana yang memadai di sekolah, dalam hal ini adalah perangkat komputer dan
fasilitas jaringan internet dapat digunakan dengan baik dan maximal dalam
menunjang pembelajaran untuk siswa.
Pemanfaatan Internet Sebagai Salah
Satu Sumber Belajar Siswa dan Guru di Sekolah akan mencapai hasil yang optimal
apabila guru sering memberikan referensi atau sumber belajar dari internet
untuk acuan siswa dalam belajar mata diklat yang sedang dipelajari, guru sering
memberikan tugas dan dikumpulkan melalui internet dengan cara mengirimkan tugas
yang sudah dikerjakan oleh siswa ke alamat e-mail guru yang
bersangkutan, dan kesediaan sarana prasarana yang memadai di sekolah dalam hal
ini adalah perangkat komputer dan fasilitas jaringan internet dapat digunakan
dengan baik untuk menunjang pembelajaran di sekolah untuk guru.
Hambatan Siswa Dalam Penggunaan Internet
Sebagai Salah Satu Sumber Belajar
Hambatan siswa dalam penggunaan internet sebagai salah satu sumber
belajar dapat dikategorikan rendah dari segi sarana prasarana. Selain dari segi
sarana prasarana hambatan penggunaan internet sebagai salah satu sumber belajar
siswa juga berasal dari dalam internet tersebut. Dikarenakan para siswa-siswi
lebih cenderung mengakses situs-situs pertemanan, seperti : facebook, twitter,
ym dan juga situs-situs di internet yang menawarkan hiburan. Kecenderungan
siswa mengakses situs-situs tersebut karena adanya ajakan dari teman-teman
sebaya dan juga sebagai media untuk mengeksiskan diri. Hambatan dari situs-situs internet inilah
yang menjadi penghambat yang cukup tinggi di dalam pemanfaatan internet sebagai
salah satu sumber belajar siswa karena bisa menyebabkan berkurangnya waktu
belajar siswa dan menurunkan produktifitas belajar siswa itu sendiri.
Hambatan Guru dalam Penggunaan Internet
Sebagai Salah Satu Sumber Belajar
Hambatan guru dalam menggunakan internet sebagai salah satu sumber
belajar maka secara umum hambatan dari segi guru dapat dikategorikan rendah
dari segi sarana prasarana. Artinya fasilitas internet yang disediakan sekolah
sudah memadai sehingga dapat digunakan oleh guru dalam mengakses internet untuk
mencari referensi maupun untuk tambahan belajar. Tidak hanya dari segi sarana prasarana,
hambatan pemanfaatan internet sebagai salah satu sumber belajar guru juga
berasal dari situs-situs yang terdapat di internet. Hambatan penggunaan
internet sebagai sumber belajar yaitu para guru yang ada di Jurusan Teknik
Elektronika sudah menggunakan internet untuk keperluan tertentu saja, misalnya
mencari bahan pelajaran, tambahan materi, dan juga sudah digunakan sesuai
dengan kebutuhanya. Untuk situs-situs yang menawarkan hiburan, para guru
mempergunakannya disaat di perlukan saja dalam artian tidak setiap saat
mengakses situs tersebut.
.