MATERI KULIAH
MULTIMEDIA
Dosen
DR. Dr. Irwanto, MT, MM, M.Eng, M.Pd. M.Si., M.Hum.
PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN
KONSENTRASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PROGRAM PASCASARJANA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) GARUT
2015
•
Berasal
dari kata “Multi” dan “Media”
- Multi: banyak, jamak
- Media: sarana untuk menyampaikan pesan/informasi seperti teks, gambar, suara, video
• Jadi
arti multimedia secara bahasa adalah kombinasi banyak atau beberapa media
seperti teks, gambar, suara, video.
•
Apakah
cukup seperti itu? Bagaimana pendapat anda?
Definisi Multimedia (modern)
•
Kombinasi berbagai media
seperti teks, gambar,
suara, animasi, video
dan lain-‐ lain secara terpadu dan
sinergis melalui komputer atau peralatan
elektronik
lain untuk mencapai
tujuan tertentu.
•
Tidak
harus berisi semua aspek media tersebut, tetapi minimal 2 jenis media mis teks
dan gambar.
Komponen
Multimedia
-‐ TEKS
• Teks
adalah elemen multimedia yang paling dasar.
•
Terdiri
atas gabungan kata yang digunakan untuk
mengekspresikan suatu pesan/informasi.
•
Pilihan
kata yang tepat akan memudahkan menyampaikan pesan kepada pengguna.
•
Digunakan
untuk menyajikan isi, menu, label, dll.
Komponen Multimedia -‐ GAMBAR
•
Gambar
adalah images dua dimensi yang dapat dimanipulasi oleh komputer misalnya berupa
foto, grafik, ilustrasi, diagram, dll.
•
Visualisasi terhadap konsep verbal
atau abstrak.
•
Digunakan
untuk memperjelas penyampaian informasi verbal.
•
Suara
dihasilkan oleh getaran sumber suara
yang didengar oleh telinga.
•
Suara
bisa berupa suara manusia (narasi), suara binatang atau benda lain, musik, efek
suara.
•
Digunakan
untuk memperjelas informasi teks maupun gambar.
Komponen Multimedia -‐ ANIMASI
Animasi merupakan ilusi gerak dari beberapa gambar yang berurutan.
•
Digunakan
untuk menyampaikan informasi dimana unsur
gerakan/proses sangat dipentingkan.
•
Untuk
memudahkan pemahaman terhadap proses yang cepat, sulit, abstrak.
Komponen
Multimedia
-‐ VIDEO
•
Video
merupakan rekaman kejadian/peristiwa atau proses yang berisi urutan gambar
bergerak disertai suara.
•
Isi
video lebih realistik dibanding animasi.
•
Membutuhkan
tempat penyimpanan yang besar.
•
Bagaimana
dengan SIMULASI?
•
LINIER:
Penyajian Multimedia
o Materi disajikan secara
urut (berjalan mulai dari awal secara urut
hingga akhir program)
o Tidak interaktif
o Contoh: film, demo
•
NON-‐LINIER:
o Pengguna berinteraksi dan
mengontrol urutan materi sehingga dapat
bercabang kemana mana
o Interaktif
o Contoh: game, cd pembelajaran, MPI
Alat membuat proyek
Multimedia
•
Authoring
Tools: digunakan untuk menggabungkan, mengedit, mengorganisir elemen-‐elemen multimedia sehingga menjadi paket
multimedia
•
Contoh:
o Berbasis halaman: Ms
PowerPoint
o Berbasis waktu: Adobe
Flash, Macromedia Director
o Berbasis icon: Adobe
Authorware
Fitur Authoring Tools
•
Fitur
editing dan organizing
•
Fitur
programming
•
Fitur
interactivity
•
Fitur
performance tuning dan playback
•
Fitur Delivery, Cross-‐Platform, dan
Internet Playability
Alat membuat komponen
Multimedia
•
Creating-‐editing Tools:
digunakan untuk membuat
dan mengedit elemen multimedia.
•
Contoh:
o Pengolah gambar bitmap:
Adobe Photoshop
o Pengolah gambar vektor: CorelDRAW
o Pengolah suara: Adobe
AUDITION
o Pengolah video: Adobe
Premiere
Distribusi Multimedia
•
Compact
Disc/Digital Versatile Disc
o Bisa menyimpan data yang
banyak termasuk suara dan video (CD: 700 MB
dan DVD: 4.3 GB)
o Murah dan ukuran kecil
o Mudah diproduksi dalam
jumlah besar
o Hampir semua
komputer/laptop sekarang ada CD/DVD
drives
o Prioritas: kualitas
multimedia
Distribusi
Multimedia
•
Kiosk
o Sistem komputer
stand-‐alone atau
terhubung jaringan
o Memungkinkan pengguna
mengakses informasi, melakukan transaksi,
memainkan game, dll
o Sering dijumpai di
Stasiun, Bandara, Mall, Museum, dll.
o Prioritas: kualitas
multimedia
Distribusi Multimedia
•
Internet/WWW
o Mudah diakses pengguna
o Cepat didistribusikan
o Mudah diupdate
o Prioritas: ukuran file
multimedia
Distribusi
Multimedia
•
Handphone
(mobile)
o Mudah diakses pengguna
o Cepat didistribusikan
o Prioritas: layout dan
ukuran file
Pemanfaatan Multimedia
• Pendidikan
o MPI, e-learning, CD pembelajaran, CD tutorial
• Bisnis
o
Profil, demo produk,
iklan, e-commerce, e-training
• Pariwisata
o Peta turis, travel, seni
pertunjukan,
• Hiburan
o Games, film animasi,
• Tempat
umum
o hotel, bandara, mal,
museum, restoran
• Rumah
tangga
o CD memasak, berkebun,
senam, ketrampilan
Keuntungan Multimedia
•
Mudah digunakan
•
Antarmuka
Intuitif
•
Immersive
experience
•
Interaksi self-‐paced
•
Retensi
lama
•
Pemahaman
konten lebih baik
•
Efektifitas beaya
•
Lebih
menyenangkan
Perkembangan Media
Pembelajaran
Perkembangan dan
klasifikasi pembelajaran. Perkembangan media pembelajaran yang dipengaruhi oleh
konsep mengajar dan konsep belajar itu sendiri. perkembangan dalam penyampaian
materi agar memudahkan guru menyampaikan materi pelajaran melalui media
pembelajaran. Perkembangan media pembelajaran diantaranya:
1. Bahasa sebagai media pembelajaran.
2. Media sebagai alat bantu mengajar.
3. Media sebagai alat peraga
4. Audio Visual Aid sebagai media
5. Media sebagai penyalur pesan.
6. Media sebagai sumber belajar.
Peran Guru dan Perkembangan
Media Pembelajaran
Guru adalah sebagai
pengembang media dan sumber belajar, guru sebagai pengelola pembelajaran, guru
sebagai administrator dan fasilitator, guru sebagai direktur, guru sebagai
evaluator. Maka dari itulah bahwa peran guru sangat penting dalam perkembangan
media pembelajaran.
Klasifikasi Media
Pembelajaran
Klasifikasi Media Pembelajaran diantaranya:
1. Media dilihat dari sifatnya
2. Media dilihat dari jangkauannya
3. Media dilihat dari teknik atau cara
pemakaiannya
4. Media juga dikelompokan berdasarkan bentuk
dan cara penyajiannya.
Sumber Lain
Sanjaya, Wina (2012). Media
Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group