Posted by Tata Risdian R S.T on Selasa, 11 Agustus 2015 | 0 komentar



MATERI KULIAH
MULTIMEDIA 
Dosen DR. Dr. Irwanto, MT, MM, M.Eng, M.Pd. M.Si., M.Hum.



PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN
KONSENTRASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PROGRAM PASCASARJANA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) GARUT
2015





 Arti Multimedia
             Berasal dari kata “Multidan “Media” 
  •  Multi: banyak, jamak 
  •  Media: sarana untuk menyampaikan pesan/informasi seperti teks, gambar, suara, video
              Jadi arti multimedia secara bahasa adalah kombinasi banyak atau beberapa media seperti teks,               gambar, suara, video.
             Apakah cukup seperti itu? Bagaimana pendapat anda?

 Definisi Multimedia (modern)

             Kombinasi berbagai media seperti teks, gambar, suara, animasi, video dan lain-­ lain secara terpadu dan sinergis melalui komputer atau peralatan elektronik lain untuk mencapai tujuan tertentu.
             Tidak harus berisi semua aspek media tersebut, tetapi minimal 2 jenis media mis teks dan gambar.




Komponen  Multimedia      TEKS

              Teks adalah elemen multimedia yang paling dasar.
             Terdiri atas gabungan kata yang digunakan untuk mengekspresikan suatu pesan/informasi.
             Pilihan kata yang tepat akan memudahkan menyampaikan pesan kepada pengguna.
             Digunakan untuk menyajikan isi, menu, label, dll.

Komponen   Multimedia      GAMBAR
             Gambar adalah images dua dimensi yang dapat dimanipulasi oleh komputer misalnya berupa foto, grafik, ilustrasi, diagram, dll.
             Visualisasi terhadap konsep verbal atau abstrak.
             Digunakan untuk memperjelas penyampaian informasi verbal.

 Komponen  Multimedia      SUARA
             Suara dihasilkan oleh getaran sumber suara yang didengar oleh telinga.
             Suara bisa berupa suara manusia (narasi), suara binatang atau benda lain, musik, efek suara.
             Digunakan untuk memperjelas informasi teks maupun gambar.  

Komponen   Multimedia      ANIMASI

Animasi merupakan ilusi gerak dari beberapa gambar yang berurutan.

             Digunakan untuk menyampaikan informasi dimana unsur gerakan/proses sangat dipentingkan.
             Untuk memudahkan pemahaman terhadap proses yang cepat, sulit, abstrak. 

Komponen  Multimedia      VIDE

             Video merupakan rekaman kejadian/peristiwa atau proses yang berisi urutan gambar bergerak disertai suara.
             Isi video lebih realistik dibanding animasi.
             Membutuhkan tempat penyimpanan yang besar.
             Bagaimana dengan SIMULASI? 
             LINIER:

Penyajian Multimedia

o    Materi disajikan secara urut (berjalan mulai dari awal secara urut hingga akhir program)
o    Tidak interaktif
o    Contoh: film, demo
             NONLINIER:
o    Pengguna berinteraksi dan mengontrol urutan materi sehingga dapat
bercabang kemana mana
o    Interaktif
o    Contoh: game, cd pembelajaran, MPI 

 Alat membuat proyek Multimedia
             Authoring Tools: digunakan untuk menggabungkan, mengedit, mengorganisir elemen-­elemen multimedia sehingga menjadi paket multimedia
             Contoh:
o    Berbasis halaman: Ms PowerPoint
o    Berbasis waktu: Adobe Flash, Macromedia Director
o    Berbasis icon: Adobe Authorware

  Fitur Authoring Tools

             Fitur editing dan organizing
             Fitur programming
             Fitur interactivity
             Fitur performance tuning dan playback
             Fitur Delivery, CrossPlatform, dan Internet Playability 

Alat membuat komponen Multimedia

             Creating-­editing Tools: digunakan untuk membuat dan mengedit elemen multimedia.
             Contoh:
o    Pengolah gambar bitmap: Adobe Photoshop
o    Pengolah gambar vektor: CorelDRAW
o    Pengolah suara: Adobe AUDITION
o    Pengolah video: Adobe Premiere  

Distribusi Multimedia

             Compact Disc/Digital Versatile Disc
o    Bisa menyimpan data yang banyak termasuk suara dan video (CD: 700 MB
dan DVD: 4.3 GB)
o    Murah dan ukuran kecil
o    Mudah diproduksi dalam jumlah besar
o    Hampir semua komputer/laptop sekarang ada CD/DVD drives
o    Prioritas: kualitas multimedia  

Distribusi Multimedia

             Kiosk
o    Sistem komputer stand-­alone atau terhubung jaringan
o    Memungkinkan pengguna mengakses informasi, melakukan transaksi,
memainkan game, dll
o    Sering dijumpai di Stasiun, Bandara, Mall, Museum, dll.
o    Prioritas: kualitas multimedia  

Distribusi Multimedia

             Internet/WWW
o    Mudah diakses pengguna
o    Cepat didistribusikan
o    Mudah diupdate
o    Prioritas: ukuran file multimedia  

Distribusi Multimedia

             Handphone (mobile)
o    Mudah diakses pengguna
o    Cepat didistribusikan
o    Prioritas: layout dan ukuran file  

Pemanfaatan Multimedia

      Pendidikan
o    MPI, e-learning, CD pembelajaran, CD tutorial
      Bisnis
o     Profil, demo produk, iklan, e-commerce, e-training
      Pariwisata
o    Peta turis, travel, seni pertunjukan,
      Hiburan
o    Games, film animasi,
      Tempat umum
o    hotel, bandara, mal, museum, restoran
      Rumah tangga
o    CD memasak, berkebun, senam, ketrampilan

Keuntungan Multimedia
             Mudah digunakan
             Antarmuka Intuitif
             Immersive experience
             Interaksi  self-­paced
             Retensi lama
             Pemahaman konten lebih baik
             Efektifitas beaya
             Lebih menyenangkan

Perkembangan Media Pembelajaran
Perkembangan dan klasifikasi pembelajaran. Perkembangan media pembelajaran yang dipengaruhi oleh konsep mengajar dan konsep belajar itu sendiri. perkembangan dalam penyampaian materi agar memudahkan guru menyampaikan materi pelajaran melalui media pembelajaran. Perkembangan media pembelajaran diantaranya:
1. Bahasa sebagai media pembelajaran.
2. Media sebagai alat bantu mengajar.
3. Media sebagai alat peraga
4. Audio Visual Aid sebagai media
5. Media sebagai penyalur pesan.
6. Media sebagai sumber belajar.

Peran Guru dan Perkembangan Media Pembelajaran
Guru adalah sebagai pengembang media dan sumber belajar, guru sebagai pengelola pembelajaran, guru sebagai administrator dan fasilitator, guru sebagai direktur, guru sebagai evaluator. Maka dari itulah bahwa peran guru sangat penting dalam perkembangan media pembelajaran.
  
Klasifikasi Media Pembelajaran
Klasifikasi Media Pembelajaran diantaranya:
1. Media dilihat dari sifatnya
2. Media dilihat dari jangkauannya
3. Media dilihat dari teknik atau cara pemakaiannya
4. Media juga dikelompokan berdasarkan bentuk dan cara penyajiannya.






Sumber Lain

Sanjaya, Wina (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group