RESUME POSISI DAN URGENSI EVALUASI DALAM PENDIDIKAN

Posted by Tata Risdian R S.T on Jumat, 03 Juli 2015 | 1 komentar

RESUME
POSISI DAN URGENSI EVALUASI DALAM PENDIDIKAN
Oleh:
Tata Risdian Rosdiana
 14864013

            Dalam sistem pembelajaran evaluasi merupakan salah satu komponen penting dan tahap harus ditempuh oleh guru untuk mengetahui keefektifan pembelajaran yang didalamnya terdapat penilaian proses dan hasil belajar. Evaluasi harus dijadikan balikan (feed-back) untuk memperbaiki dan menyempurnakan program dan kegiatan pembelajaran. Dalam undang-undang 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 58 ayat 1 bahwa evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesenambungan.
            Evaluasi merupakan suatu proses bukan suatu hasil. Hasil yang diperoleh adalah kualitas sesuatu, baik yang menyangkut tentang nilai atau arti. Oleh karena itu dalam pembelajaran guru harus mampu menetapkan strategi pembelajaran yang tepat, sehingga mendorong perbuatan belajar peserta didik yang aktif, produktif, dan efisien. Perlu diketahui bahwa evaluasi banyak digunakan dalam berbagai bidang dan kegiatan antara lain dalam kegiatan bimbingan dan penyuluhan, supervisi, seleksi dan pembelajaran. Setiap bidang atau kegiatan tersebut mempunyai tujuan yang berbeda. Dalam kegiatan bimbingan, tujuan evaluasi adalah mengetahui secara menyeluruh mengenai karakteristik peserta didik, sehingga diberikan bimbingan dengan sebaik-baiknya. Begitu juga dalam kegiatan supervisi, tujuan evaluasi adalah untuk menentukan keadaan suatu situasi pendidikan atau pembelajaran, sehingga dapat diusahakan langkah-langkah perbaikan untuk meningkatkan suatu pendidikan disekolah. Dalam kegiatan seleksi, tujuan evaluasi adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai peserta didik untuk jenis pekerjaan, jabatan atau pendidikan tertentu.
           
            Menurut Prof. Wina Sanjaya dalam buku Perencanaan dan Desain Sistem
Pembelajaran, beberapa fungsi evaluasi adalah sebagai berikut:
1. Sebagai umpan balik bagi siswa.
2.  Untuk mengetahui proses ketercapaian siswa dalam menguasai tujuan yang telah ditentukan.
3. Memberikan informasi untuk mengembangkan program kurikulum.
4.  Digunakan oleh siswa untuk mengambil keputusan secara individual, khususnya dalam menentukan masa depan sehubungan dengan pemilihan bidang pekerjaan.
5. Menentukan kejelasan tujuan khusus yang ingin dicapai oleh para pengembang kurikulum.
6. Umpan balik untuk semua pihak yang berkepentingan dengan pendidikan di sekolah.
 Berdasarkan fungsi-fungsi tersebut, dapat diketahui bahwa kedudukan evaluasi  dalam pendidikan sangat penting karena turut menunjang kesuksesan dalam proses belajar mengajar.
             

Daftar Pustaka

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Undang-Undang 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.