RESUME POSISI DAN URGENSI EVALUASI DALAM PENDIDIKAN
RESUME
POSISI
DAN URGENSI EVALUASI DALAM PENDIDIKAN
Oleh:
Tata Risdian Rosdiana
14864013
Dalam sistem pembelajaran evaluasi merupakan salah
satu komponen penting dan tahap harus ditempuh oleh guru untuk mengetahui
keefektifan pembelajaran yang didalamnya terdapat penilaian proses dan hasil
belajar. Evaluasi harus dijadikan balikan (feed-back)
untuk memperbaiki dan menyempurnakan program dan kegiatan pembelajaran. Dalam
undang-undang 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 58 ayat 1 bahwa
evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik untuk memantau
proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara
berkesenambungan.
Evaluasi merupakan suatu proses
bukan suatu hasil. Hasil yang diperoleh adalah kualitas sesuatu, baik yang
menyangkut tentang nilai atau arti. Oleh karena itu dalam pembelajaran guru
harus mampu menetapkan strategi pembelajaran yang tepat, sehingga mendorong
perbuatan belajar peserta didik yang aktif, produktif, dan efisien. Perlu
diketahui bahwa evaluasi banyak digunakan dalam berbagai bidang dan kegiatan
antara lain dalam kegiatan bimbingan dan penyuluhan, supervisi, seleksi dan pembelajaran.
Setiap bidang atau kegiatan tersebut mempunyai tujuan yang berbeda. Dalam
kegiatan bimbingan, tujuan evaluasi adalah mengetahui secara menyeluruh
mengenai karakteristik peserta didik, sehingga diberikan bimbingan dengan
sebaik-baiknya. Begitu juga dalam kegiatan supervisi, tujuan evaluasi adalah
untuk menentukan keadaan suatu situasi pendidikan atau pembelajaran, sehingga
dapat diusahakan langkah-langkah perbaikan untuk meningkatkan suatu pendidikan
disekolah. Dalam kegiatan seleksi, tujuan evaluasi adalah untuk mengetahui
tingkat pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai peserta didik untuk
jenis pekerjaan, jabatan atau pendidikan tertentu.
Menurut Prof. Wina Sanjaya dalam buku Perencanaan dan Desain
Sistem
Pembelajaran, beberapa fungsi evaluasi adalah sebagai berikut:
Pembelajaran, beberapa fungsi evaluasi adalah sebagai berikut:
1. Sebagai umpan balik bagi siswa.
2. Untuk mengetahui
proses ketercapaian siswa dalam menguasai tujuan yang telah ditentukan.
3. Memberikan informasi untuk mengembangkan program
kurikulum.
4. Digunakan oleh
siswa untuk mengambil keputusan secara individual, khususnya dalam menentukan
masa depan sehubungan dengan pemilihan bidang pekerjaan.
5. Menentukan kejelasan tujuan khusus yang ingin dicapai
oleh para pengembang kurikulum.
6. Umpan balik untuk semua pihak yang berkepentingan dengan
pendidikan di sekolah.
Berdasarkan
fungsi-fungsi tersebut, dapat diketahui bahwa kedudukan evaluasi dalam pendidikan sangat penting karena turut
menunjang kesuksesan dalam proses belajar mengajar.
Daftar Pustaka
Arifin,
Zaenal. 2009. Evaluasi
Pembelajaran.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Undang-Undang 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Sanjaya, Wina.
2008. Perencanaan dan Desain Sistem
Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Amazing pa tata